Menambahkan Interface Baru Pada Ubuntu Server

Ceritanya kemarin malam aku ganti salah satu network interface pada Ubuntu Server-ku (Ubuntu 11.04 Natty Narwhal). Niatnya adalah upgrade dari Fast Ethernet jadi Gigabit Ethernet. Setelah aku ganti, aku turned on komputerku. Alhasil indikator LED pada interface yang baru mati (Normalnya akan nyala saat komputer sedang on dan interface terhubung ke jaringan).

Untuk meyakinkan 100% bahwa interface baru tersebut tidak bekerja. Aku jalankan perintah

user@ubuntu:~$ ifconfig

dan hasilnya sesuai dengan prediksi saya. Seharusnya ada 2 interface yang muncul, namun hanya ada 1 buah interface yang muncul saat saya mengeksekusi perintah tersebut. Setelah beberapa saat mencoba mencari troubleshooter lewat Google. Akhirnya saya menemukannya disini.

Seharusnya interface tersebut dapat dikenali secara otomatis setelah dipasang. Namun apabila anda menemui masalah seperti saya. Anda dapat meng-enable interface anda dengan menghapus sebuah file dengan running perintah berikut pada terminal.

user@ubuntu:~$ sudo rm /etc/udev/rules.d/70-persistent-net.rules/

Setelah itu anda tinggal me-reboot komputer anda.

Creative Commons License
Menambahkan Interface Baru Pada Ubuntu Server by Rio Indra Maulana is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License
Posted in Computer Network, Configuration, Indonesia, Linux Tagged with: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*