TACHYMETER

Tachymeter Watch

Watch With Tachymeter

Beberapa bulan yang lalu saya beli arloji baru (maklum sudah jadi kebutuhan). Bentuknya hampir mirip sama gambar di samping. Setelah dibeli, saya teliti (Emang waktu mau beli ndak di teliti?), ternyata di arloji ada tulisan tachymeter. ini apaan sih? lalu arti dari angka-angka 300, 240, 200 s/d 60 itu apa? Setelah menggali informasi dari google, akhirnya saya mendapatkan kesimpulan bahwa mostly tachymeter digunakan sebagai alat bantu untuk memperkirakan kecepatan. Kenapa saya mengatakan untuk memperkirakan bukan untuk menghitung, karena angkanya didapatkan dari hasil yang cukup mistis dengan menggunakan pendekatan. Syarat utama untuk dapat menghitung kecepatannya adalah dengan mengetahui jarak yang di tempuh obyek yang akan kita perkirakan kecepatannya (ini lebih mistis lagi). Daripada bingung-bingung di jelaskan teorinya langsung saja kita ke praktikum

Contoh Permasalahan
Anda ingin memperkirakan kecepatan sebuah mobil pada saat perlombaan NASCAR. Anda mulai mengitung laju rata-rata mobil tersebut pada saat detik jam anda berada pada posisi 0. setelah 30 detik mobil tersebut telah menempuh jarak 1 km. Berapakah rata-rata kecepatan mobil tersebut?

Solusi Menggunakan Tachymeter
Mudah sekali, tinggal lihat di bar tachymeter yang di tunjuk oleh penunjuk detik, yakni detik ke 30  menunjuk ke 120. Jadi kecepatan mobil tersebut adalah 120 km/jam.

Bagi teman-teman yang sudah terlanjur beli arloji yang tidak memiliki bar tachymeter jangan berkecil hati, karena bar tachymeter didapatkan dari perhitungan berikut

Tachymeter Dial Formula

Tachymeter Dial Formula

Permasalahan pertama adalah contoh yang ideal dimana jarak yang diambil sebagai contoh adalah tepat 1 km lalu bagaimana apabila jaraknya kurang dari 1 km, dan bagaimana apabila obyek yang diukur memiliki waktu tempuh lebih dari 60 detik? Untuk dapat memudahkan menjawab pertanyaan diatas langsung saja kita masuk ke contoh permasalahan.

Permasalahan Jarak < 1 km
Anda sedang berenang dengan teman anda, tiba-tiba teman anda meminta anda untuk menghitung kecepatan dia saat berenang  sejauh 20 meter. Teman anda mulai berenang dan anda mulai menghitung dan ternyata dia membutuhkan waktu sebanyak 45 detik. lalu berapa kecepatannya?
Solusi Menggunakan Tachymeter
Untuk detik 45 maka bar tachymeter yang ditunjuk adalah angka 80.  sedangkan jarak yang ditempuh cuma 20 meter,  maka kecepatan teman anda adalah (20/1000) x  60 80 = 1,6 km/jam

Sedangkan untuk waktu yang melebihi 60 detik maka sebisa mungkin sampel waktu yang berada pada range 7,2 sampai dengan 60 detik, Oleh karena itu jarak yang digunakan untuk mengambil sampel waktu harus di perkecil. Misal teman anda berenang menempuh jarak 50 meter, namun untuk menempuh 50 meter tesebut butuh waktu lebih dari 60 detik,  maka anda seharusnya mengukur dengan mengambil sampel jarak tempuh yang masih berada pada rentan waktu yang diizinkan, Sehingga dapat dilakukan perhitungan sesuai contoh diatas. Sekian penjelasan dari saya semoga dapat membantu. Kalau masih kurang dapat dimengerti jangan sungkan-sungkan untuk bertanya.

Posted in Fisika, Indonesia Tagged with: ,
5 comments on “TACHYMETER
  1. Putu Yuwono says:

    Jam ku ga ada tachymeternya men.. T_T

  2. Nah di atas kan udah aku kasih rumus perhitungan untuk bar tachymeter-nya men. Jangan berkecil hati 😀

  3. N_day says:

    Gan cara perhitungan tachymeter yg kurang dari 1 km ga salah…????
    ko bsa d kali 60 bkan d kali 80…???kn waktu yg d tentukan dri jarak 20 meter nunjukin ke angka 80…???
    you must explain again

  4. Terima Kasih buat N_day atas apresiasinya. Memang saya khilaf saya menulis 60 benar kamu seharusnya 80. Maksud saya memang 80 sejak awal. itu terbukti dari hasil akhirnya yang benar seharusnya kan (20/1000)*60 = 1,2 Km tapi di jawabannya kan tetep 1,6 itu menandakan saya bermakud nulisnya 80. Terima kasih

  5. sofyan says:

    sangat bermanfaat.
    makasih gan infonya, dah lama sy penasaran dgn nama Tachymeter ini. dan sekarang baru lega. dah ada jawaban yg sunnguh luar biasa. A new knowledge for me.
    Sekali lagi makasih atas infonya mas Rio, salam sejahtera selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*