IDN Networking Competition 2017: Mikrotik Bridging Challenge Solution Verification

Postingan kali ini adalah lanjutan dari postingan IDN Networking Competition 2017: Mikrotik Bridging Challenge Solution, pastikan kamu telah membaca postingan tersebut, kalau tidak saya jamin pasti akan sedikit bingung. Simulasi yang akan saya paparkan menggunakan teknologi sebagai berikut: GNS3 versi 1.5.2 on Windows (64-bit) with Python 3.5.1 Qt 5.6.0 Qemu-2.4.0 running on Local Windows (64-bit) Mikrotik CHR 6.40.1 Topologi yang saya gunakan adalah sebagai berikut: Pertama yang akan kita lakukan adalah verifikasi dari konektifitas dari tiap lantai (table of content ada di samping kanan)

Mengurutkan Interface Pada Virtualisasi Router Mikrotik Di Qemu

Pastinya kita semua pernah mengalami pada saat sedang konsennya konfig mikrotik dan telah selesai dan yakin 100% konfig kita benar, lalu saat kita coba ping … . . gagal. destination host unreachable. Mungkin salah satu penyebabnya adalah interface yang kita gunakan adalah bukan interface yang benar. Saya sering mengalami hal ini saat menggunakan GNS3 dengan, bisa dibilang hampir semua virtualisasi (VirtualBox dan Qemu) kecuali VMware. Cara yang mudah untuk melakukan pemeriksaan, bisa kita lihat dari MAC address interface melalui command

IDN Networking Competition 2017: Mikrotik Bridging Challenge Solution

info Sebelum kamu melakukan copy paste konfigurasi yang akan saya paparkan dalam postingan ini, pastikan penamaan interface pada virtualisai router yang kamu gunakan sudah benar. Kamu bisa ikuti tutorial Mengurutkan Interface pada Virtualisasi Router Mikrotik di Qemu untuk memastikannya Pada post kali ini saya berusaha memaparkan pendekatan yang saya gunakan untuk menyelesaikan soal bridging pada kompetisi IDN networking 2017 untuk materi superlab Mikrotik, dimana soal dapat dapat di unduh pada link berikut.

Bakso Moro Seneng Pak Slamet Trenggalek

Jika anda pecinta kuliner dan kebetulan sedang singgah di kota keripik Trenggalek pastikan anda menyempatkan diri mampir dan mencicipi Bakso Moro Seneng Pak Slamet. Hiruk Pikuk pembeli sudah mulai ramai saat saya datang ke lokasi sekitar jam 10 pagi. Warung bakso yang terletak di Jalan Doktor Setiabudi dekat RSUD Doktor Soedomo Trenggalek ini memang selalu ramai pembeli. Usut punya usut ternyata yang menarik banyaknya pembeli ke warung tersebut adalah ke khas-an yang dimiliki oleh warung bakso tersebut yakni gorengan dan sambal baksonya.

Instalasi LAMPP Pada Ubuntu Server

Ini pengalaman pribadi saya saat menginstal Ubuntu Server pada komputer saya. Komputer tersebut ingin saya jadikan sebagai web server, tentu saja saya akan butuh untuk menginstal OpenSSH dan LAMPP. Ubuntu Server pada dasarnya menyediakan pilihan software yang ingin kita instal pada komputer kita saat kita melakukan instalasi. Yakni pada saat kita sampai pada halaman software selection. Sialnya. Pada saat itu saya tidak tahu bagaimana cara memilih aplikasi yang ingin saya instal.